Peningkatan minat dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode kooperatif question and answer simulation berbasis teknologi informasi (studi kasus: mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri 2 Magelang)

Isi Artikel Utama

Priyani

Abstrak

Masalah rendahnya mutu sekolah sudah sangat sering dikeluhkan oleh masyarakat. Salah satu faktor yang ikut andil dalam penentuan mutu sekolah adalah proses pembelajaran yang sulit diikuti atau bahkan membosankan bagi siswa. Kondisi ini akan berpengaruh terhadap minat dan prestasi belajar siswa. Secara teori, metode QAS akan membuat suasana belajar di kelas menjadi hidup dan siswa akan berlomba-lomba untuk memperoleh prestasi yang bagus.


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan metode Question and Answer Simulation (QAS) dapat meningkatkan minat belajar, keaktifan siswa, dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi oleh pengamat, siswa, dan guru teman sejawat pengampu mata pelajaran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Magelang.


Penerapan metode QAS dalam penelitian ini mampu meningkatkan jumlah siswa yang berminat tinggi dan mempunyai aktifitas tinggi dalam pembelajaran, meningkatkan prestasi belajar yang ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang melampaui batas ketuntasan belajar, serta adanya persepsi dan kesan positif terhadap proses pembelajaran.

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.downloads##

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.noStats##

Rincian Artikel

Cara Mengutip
“Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Kooperatif Question and Answer Simulation Berbasis Teknologi Informasi (studi Kasus: Mata Pelajaran Otomatisasi Dan Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Di SMK Negeri 2 Magelang)”. 2020. JNANALOKA 1 (2): 57-65. https://doi.org/10.36802/jnanaloka.2020.v1-no2-57-65.
Bagian
Articles

Cara Mengutip

“Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Kooperatif Question and Answer Simulation Berbasis Teknologi Informasi (studi Kasus: Mata Pelajaran Otomatisasi Dan Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan Di SMK Negeri 2 Magelang)”. 2020. JNANALOKA 1 (2): 57-65. https://doi.org/10.36802/jnanaloka.2020.v1-no2-57-65.

Referensi

[1] N. Solihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
[2] R. E. Slavin, Cooperative Learning. Bandung: Nusa media, 2011.
[3] A. Ahmadi, Psikologi Belajar. Surakarta: Rineka Cipta, 2013.
[4] N. S. Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya, 2005.
[5] A. Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2008.
[6] Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015.
[7] P. Ibeng. "Pengertian Teknologi Informasi, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya." https://pendidikan.co.id/pengertian-teknologi-informasi-tujuan-fungsi-manfaat-komponen-contohnya/ (accessed 01/08/2020.
[8] Supriyatno, Sistem Informasi Manajemen Sekolah SMK N 2 Magelang. 2018.

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.