Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Etika Publikasi

Etika Publikasi Ilmiah Jurnal JNANALOKA

Pernyataan ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi di jurnal ilmiah  JNANALOKA  yakni penulis, redaksi, mitra bestari dan pengelola. Tiga nilai dasar dalam publikasi ilmiah adalah : (1) Kenetralan, bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (2) Keadilan, memberikan hak kepengarangan kepada penulis; dan (3) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme. Tiga nilai dasar tersebut merupakan unsur pokok dalam menciptakan suatu karya ilmiah yang baik dan diakui. Kami sebagai pengelola penerbitan junal ilmiah JNANALOKA berusaha dengan keras untuk menghadirkan publikasi ilmiah yang menjunjung tinggi nilai dasar tersebut.

Sanksi

Jika penulis terbukti melakukan duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, plagiarisme, atau menerbitkan naskah yang sama pada jurnal lain maka penulis dikenakan  sanksi berupa pencabutan artikel, pembatalan publikasi, dan mencatat penulis dalam daftar hitam.

 

Tugas dan Tanggung Jawab

Penerbit

Yayasan Lentera Dua Indonesia sebagai penerbit Jurnal Jnanaloka memiliki tugas dan tanggung jawab sepenuhnya dalam mempersiapkan dan memelihara aspek dan tahapan penerbitan. Yayasan Lentera Dua Indonesia berkomitmen untuk tidak mencampuri tugas dan wewenang dari Dewan Redaksi dan Mitra Bestari. Yayasan Lentera Dua Indonesia membuka diri untuk bekerjasama dan akan membantu komunikasi dengan penerbit atau jurnal lain jika diperlukan.

 

Redaksi

Dewan redaksi memiliki tugas  dan tanggung jawab dalam alur proses editorial suatu artikel. Tugas ini meliputi seleksi awal artikel, menentukan mitra bestari yang sesuai dengan keahlian dan memutuskan artikel yang dapat diterbitkan berdasarkan masukan dari  mitra bestari. Dewan redaksi dan mitra bestari dapat melakukan perundingan dalam menentukan keputusan diterima atau tidaknya suatu artikel. Dewan redaksi dalam bertugas harus memegang prinsip keadilan, kerahasiaan dan menjauhi konflik kepentingan dengan artikel.

 

Mitra Bestari

Mitra Bestari bersifat sukarela dan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu Dewan Redaksi dalam menentukan keputusan editorial. Mitra bestari dapat membantu penulis untuk meningkatkan kualitas tulisan dari penulis dengan memberikan tanggapan atau masukan. Mitra bestari dalam bertugas harus  memperhatikan objectivitas, kerahasiaan dan pengungkapan konflik kepentingan jikia ada.

 

Penulis

Penulis bertanggung jawab dalam keaslian dan keakuratan artikel yang dikirim. Penulis harus memberikan pengakuan terhadap karya lain dengan melakukan pengutipan yang tepat. Penulis harus memastikan bahwa artikel yang dikirim tidak sedang dalam proses review atau sudah diterbitkan di jurnal lain. Penulis harus memastikan semua kodek etik yang berkaitan dengan artikel telah dipenuhi. Penulis harus mengungkapan konflik kepentingan jika ada termasuk didalamnya dukungan dana dari sponsor yang bisa mempengaruhi hasil penelitian.

 

Unduh Pernyataan Etika (versi docx) kemudian ditandatangani sebagai bentuk persetujuan. Pernyataan Etika dan Perjanjian Hak Cipta saat artikel dinyatakan diterima dan harus diserahkan sebelum artikel dapat dipublikasikan.