Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Petunjuk Penulisan

SISTEMATIKA NASKAH

Secara umum, sistematika artikel terdiri tiga bagian utama yakni kepala, badan dan kaki. Bagian kepala terdiri atas Judul, penulis, abstrak dan kata kunci. Bagian badan berisi pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, dan Kesimpulan dan saran. Pada bagian kaki berisi Daftar Pustaka, Penghargaan dan Lampiran.

Judul Artikel 

Judul sebisa mungkin singkat, padat, menarik dan mencerminkan isi dari artikel.

Penulis

Nama penulis disebutkan berserta alamat email dan asal afiliasinya. 

Abstrak

Abstrak ditulis paling banyak 300 kata yang mencakup permasalahan, metode, dan hasil dan kesimpulan. Tuliskan abstrak secara akurat dan spesifik namun juga menarik dan mudah difahami.

Kata Kunci

Paling banyak 5 kata kunci yang merupakan informasi kunci, spesifik dan fokus pada topik utama, hindari penggunaan kata kunci dari judul artikel. 

 

Pendahuluan

Latar belakang perlunya dilakukan penelitian harus disebutkan dan didukung dengan pustaka terbaru yang relevan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dengan jumlah yang memadai. Permasalahan yang belum terselesaikan, perbedaan atau gap dari penelitian terdahulu dituliskan pada bagian ini. Pertanyaan penelitian, tujuan dan batasan penelitian harus disebutkan dengan jelas dalam bagian ini. Rujukan berupa dasar teori untuk mendukung latar belakang permasalah bisa disebutkan. Adanya rujukan yang memadai dalam bagian ini merupakan syarat wajib  dan menjadi salah satu poin dasar dalam pemeriksaan awal artikel sebelum ke proses selanjutnya.

Metode

Penggunaan gambar atau narasi untuk menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan merupakan isi utama dalam bagian ini. Bagaimana penelitian dilakukan dituliskan secara rinci dalam bagian ini termasuk metode, sarana dan prasarana pendukungnya. Pembahasan mengenai pemilihan metode-metode yang digunakan dalam penelitian dijelaskan dan disesuaikan dengan tujuan penelitian. Penelitian yang bisa repeatable dan reproduceable merupakan pondasi dasar dalam bagian ini sehingga  bisa divalidasi dengan melakukan replikasi.  Penggunaan data atau bahan uji yang memerlukan persetujuan etik seperti dalam bidang kedokteran atau penggunaan data yang bersifat pribadi harus disebutkan dalam bagian ini. Jika artikel merupakan kajian pustaka maka bagaimana dan apa saja kajian yang dilakukan bisa disebutkan dalam bagian ini.

 

Hasil dan Pembahasan

Hasil penelitian dituliskan secara ringkas, padat dan berikan penjelasan tanpa perlu disertai inteprestasi.  Sajikan dalam bentuk grafik dan atau tabel yang diberi penjelasan ringkas. Pada bagian pembahasan detail dari hasil dijelaskan dengan baik dan berikan perbandingan dengan penelitian yang terdahulu disertai dengan rujukan yang relevan. Implikasi dari hasil penelitian perlu disampaikan beserta batasan yang menyertainya, berikan juga gambaran studi yang bisa dilakukan selanjutnya.

 

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan disampaikan secara jelas dan menjawab pertanyaan penelitian, tekankan pada pentingnya hasil yang didapatkan dari penelitian ini. Tunjukkan kontribusi yang berupa sintesis dari hasil penelitian yang dilakukan. Hindari repetisi kalimat dalam abstrak untuk digunakan dalam kesimpulan dan berikan saran untuk penelitian selanjutnya

 

Daftar Pustaka

Metode penulisan dalam daftar pustaka dan badan artikel menggunakan gaya selingkung IEEE dan disarankan menggunakan perangkat lunak pengelola referensi.

 

Gambar, Tabel dan Lampiran.

Gambar harus jelas dan memiliki resolusi yang cukup, setiap gambar dan tabel harus memiliki rujukan di dalam badan tabel. Jika ada lampiran yang mendukung artikel bisa disertakan dengan mengikuti kententuan. File sumber gambar dengan resolusi baik akan diperlukan jika artikel diterima.

 

STRUKTUR DAN FORMAT ARTIKEL

Struktur penulisan artikel bisa mengikuti contoh format artikel  PDF ini atau format DOCX.  Artikel dapat dikirimkan dengan format  .docx atau .tex dengan mengacu pada artikel tersebut. Pengguna LaTeX dapat mendownload stlyle/template di sini. Artikel yang diterima akan disesuaikan formatnya oleh penerbit dengan menggunakan LaTeX.