Penerapan Metode GDLC dalam pembuatan game Ular Tangga Sehat Menggunakan Unity
Isi Artikel Utama
Abstrak
Indonesia, dengan populasi sekitar 271 juta jiwa pada tahun 2020, menghadapi tantangan besar dalam masalah kesehatan, terutama karena hanya sekitar 20 persen masyarakat yang memahami kesehatan dengan baik. Untuk mengatasi kurangnya pengetahuan tentang kesehatan, solusi yang tepat dan masif diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle. Salah satu inisiatif yang diambil adalah pengembangan permainan edukatif Ular Tangga Sehat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kesehatan masyarakat, khususnya anak-anak. Game ini mengadaptasi konsep ular tangga tradisional dengan konten kesehatan yang menarik dan informatif. Hasil pengujian game ular tangga ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan pengguna terhadap fungsionalitas, tampilan, dan keseluruhan game mencapai 85%, dengan mayoritas responden memberikan penilaian 8 dalam skala nilai 1 hingga 10. Game ular tangga ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan dan pengurangan dampak negatif dari kurangnya pengetahuan kesehatan.
##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.downloads##
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Jnanaloka sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution (CC BY). Lisensi ini mengijinkan untuk, Berbagi yakni menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; dan Adaptasi yakni menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi iniuntuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial dengan ketentuan Atribusi
Cara Mengutip
Referensi
A. J. Pitoyo dan H. Triwahyudi, “Dinamika Perkembangan Etnis di Indonesia dalam Konteks Persatuan Negara,” Populasi, vol. 25, no. 1, hal. 64, 2018, doi: 10.22146/jp.32416.
E. S. Darmawan, P. Junadi, A. Bachtiar, dan M. Najib, “Mengukur Tingkat Pemberdayaan Masyarakat dalam Sektor Kesehatan,” Kesmas Natl. Public Heal. J., vol. 7, no. 2, hal. 91, 2012, doi: 10.21109/kesmas.v7i2.68.
Rusman, “Konsep Dasar Teknologi Informasi,” Medium.com, hal. 1–22, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://medium.com/@niamkholidin23/konsep-dasar-teknologi-informasi-491beca847ce
A. Yani, “Utilization of Technology in the Health of Community Health,” Promot. J. Kesehat. Masy., vol. 8, no. 1, hal. 97, 2018, doi: 10.31934/promotif.v8i1.235.
S. Ramadaniati, D. A. Sani, dan M. F. Arif, “Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies Sebagai Media Pembelajaran,” Integer J. Inf. Technol., vol. 6, no. 1, hal. 1–8, 2021, doi: 10.31284/j.integer.2021.v6i1.1200.
M. R. Rinaldi, R. Napianto, dan M. G. An’ars, “Game Edukasi Berhitung Anak Sekolah Dasar Menggunakan RPG Maker Berbasis Mobile,” J. Teknol. dan Sist. …, vol. 4, no. 1, hal. 61–66, 2023.
A. Wahyudinata dan H. B. Dirgantara, “Pengembangan Gim Edukasi 2D Pemilahan Sampah Daur Ulang Berbasis Android,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 1, hal. 129–138, 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.860.
M. R. Siregar dan N. Nelmiawati, “Game 3D ‘Lawan Narkoba’ Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC),” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 4, no. 1, hal. 24–31, 2020, doi: 10.30871/jamn.v4i1.1634.
A. Chusyairi, J. S. L. Wibowo, dan A. K. Winata, “Game Gandrung Strories Untuk Edukasi Kebudayaan Menggunakan Metode GDLC,” J. Apl. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 1, hal. 67–75, 2020.
R. Y. Ariyana, Erma Susanti, Muhammad Rizqy Ath-Thaariq, dan Riki Apriadi, “Penerapan Metode Game Devlopment Life Cycle (GDLC) pada Pengembangan Game Motif Batik Khas Yogyakarta,” INSOLOGI J. Sains Dan Teknol., Vol. 1, No. 6, Hal. 796–807, 2022, Doi: 10.55123/insologi.v1i6.1129.
A. C. Praniffa, A. Syahri, F. Sandes, U. Fariha, Q. A. Giansyah, dan M. L. Hamzah, “Pengujian Black Box Dan White Box Sistem Informasi Parkir Berbasis Web Black Box and White Box Testing of Web-Based Parking Information System,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 1–16, 2023.