Analisa Usability Desain Aplikasi Controlling Calories untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Isi Artikel Utama

Fernando Trisno Swandi
Restyandito
Kristian Adi Nugraha

Abstrak

Memiliki berat badan yang ideal merupakan keinginan dan dambaan bagi setiap orang. Berat badan yang ideal adalah bentuk tubuh yang diinginkan oleh setiap kalangan baik wanita maupun pria dan baik pada usia  tua maupun muda. Pola makan yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang sulit dicerna akan membuat tubuh menjadi kelebihan berat badan, karena adanya penumpukan kalori yang berlebihan. Kelebihan berat badan (obesitas) tidak boleh diabaikan, karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Perancangan desain aplikasi pengontrol kalori dapat membantu user mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan bagi tubuh. Metode user centered design digunakan sebagai acuan dalam membuat antarmuka aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan cepat dan mudah untuk menggunakan antarmuka aplikasi ini. Pada penelitian ini dilakukan pengujian usability dengan memperhatikan 3 aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan tingkat kepuasan sesuai standar ISO-9241-11, yang menghasilkan nilai efektivitas 97,65% , efisiensi 68%, dan tingkat kepuasan 86,57%. Setelah didapatkan nilai dari 3 aspek tersebut, dilakukan penyederhanaan menggunakan metode single usability metric, yang menghasilkan nilai 84,07%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari aplikasi yang diuji telah terpenuhi.

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.downloads##

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.noStats##

Rincian Artikel

Cara Mengutip
“Analisa Usability Desain Aplikasi Controlling Calories Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal ”. 2023. JNANALOKA 4 (01): 19-26. https://doi.org/10.36802/jnanaloka.2023.v4-no01-19-26.
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Restyandito, Universitas Kristen Duta Wacana

Memiliki berat badan yang ideal merupakan keinginan dan dambaan bagi setiap orang. Berat badan yang ideal adalah bentuk tubuh yang diinginkan oleh setiap kalangan baik wanita maupun pria dan baik pada usia  tua maupun muda. Pola makan yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang sulit dicerna akan membuat tubuh menjadi kelebihan berat badan, karena adanya penumpukan kalori yang berlebihan. Kelebihan berat badan (obesitas) tidak boleh diabaikan, karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Perancangan desain aplikasi pengontrol kalori dapat membantu user mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan bagi tubuh. Metode user centered design digunakan sebagai acuan dalam membuat antarmuka aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan cepat dan mudah untuk menggunakan antarmuka aplikasi ini. Pada penelitian ini dilakukan pengujian usability dengan memperhatikan 3 aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan tingkat kepuasan sesuai standar ISO-9241-11, yang menghasilkan nilai efektivitas 97,65% , efisiensi 68%, dan tingkat kepuasan 86,57%. Setelah didapatkan nilai dari 3 aspek tersebut, dilakukan penyederhanaan menggunakan metode single usability metric (SUM), yang menghasilkan nilai 84,07%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari aplikasi yang diuji telah terpenuhi.

Cara Mengutip

“Analisa Usability Desain Aplikasi Controlling Calories Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal ”. 2023. JNANALOKA 4 (01): 19-26. https://doi.org/10.36802/jnanaloka.2023.v4-no01-19-26.

Referensi

CNN Indonesia, “Kasus obesitas di indonesia kian mengkhawatirkan,” 2021. [Online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210304152134-255-613752/kasus-obesitas-di-indonesia-kian-mengkhawatirkan

B. G. Permana, “Bahaya obesitas bagi kesehatan, tingkatkan risiko mengalami penyakit kronis,” 2021. [Online]. Available: https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-obesitas-bagi-kesehatan-tingkatkan-risiko-mengalami-penyakit-kronis

J. A. Z. Restyandito and K. A. Nugraha, “Perancangan ikon pada aplikasi kesehatan untuk lansia berbasis mobile,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 6, no. 6, 2019.

K. A. Nugraha and D. Sebastian, “Mobile social media interface design for elderly in indonesia,” in HCI International 2020–Late Breaking Posters: 22nd International Conference, HCII 2020, Copenhagen, Denmark, July 19–24, 2020, Proceedings, Part II22. Springer, 2020, pp. 79–85.

F. Monteiro-Guerra, O. Rivera-Romero, L. Fernandez-Luque, and B. Caulfield, “Personalization in real-time physical activity coaching using mobile applications: a scoping review,” IEEE journal of biomedical and health informatics, vol. 24, no. 6, pp. 1738–1751,

A. Sengupta, K. Dutta, T. Beckie, and S. Chellappan, “Designing a health coach augmented mhealth system for the secondary prevention of coronary heart disease among women,” IEEE Transactions on Engineering Management, vol. 69, no. 6, pp. 3085–3100,

D. I. P. Sari, R. Restyandito, and K. A. Nugraha, “Personalization in real-time physical activity coaching using mobile applications: a scoping review,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 1, p. 131, 2022.

E. Santosa, K. A. Nugraha, and A. Filiana, “Pengembangan dashboard informasi gereja tangguh bencana dengan metode user centered design,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 522–536, 2022.

D. Sebastian, H. Hermawan, R. Restyandito, and K. A. Nugraha, “Perancangan desain antarmuka buku kontak untuk lansia,” AITI, vol. 19, no. 2, pp. 167–184, 2022.

A. Rahman and A. Fukuda, “User interface design of e-learning system for functionally illiterate people,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl, vol. 6, no. 11, pp. 126–134, 2015.

D. Norm, “Ergonomics of human-system interaction–part 11: Usability: Definitions and concepts,” ISO 9241, vol. 11, 2018.

H. Henriyadi, R. Mulyati et al., “Usability testing sistem informasi: Studi kasus pada aplikasi repositori publikasi badan penelitian dan pengembangan pertanian,” 2014.

I. S. Y. Saputri, M. Fadhli, and I. Surya, “Penerapan metode ucd (user centered design) pada e-commerce putri intan shop berbasis web,” Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 269–278, 2017.

J. Sauro, “10 things to know about completion rates,” 2011. [Online]. Available: https://measuringu.com/completion-rates

J. Brooke, P. W. Jordan, B. Thomas, B. A. Weerdmeester, and I. McClelland, “Usability evaluation in industry,” 1996.

S. C. Peres, T. Pham, and R. Phillips, “Validation of the system usability scale (sus) sus in the wild,” in Proceedings of the human factors and ergonomics society annual meeting, vol. 57, no. 1. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA, 2013, pp. 192–196.

J. Sauro, “10 things to know about the single usability metric (sum),” 2011. [Online]. Available: https://measuringu.com/SUM/

C. J. Pearson, “The single usability metric (sum) — a completion rate conundrum,” 2012. [Online]. Available: https://uxdesign.cc/the-single-usability-metric-a-completion-rate-conundrum-c6fd0e5a54ca

A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining what individual sus scores mean: Adding an adjective rating scale,” Journal of usability studies, vol. 4, no. 3, pp. 114–123, 2009.